Kamis, 05 Januari 2012

Software and Hardware

TREND PERKEMBANGAN SOFTWARE DAN HARDWARE
Manusia dan teknologi, dua kata yang memiliki keterkaitan. Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat dilepaskan dari teknologi, khususnya teknologi komputer. Dimana tujuan pokok dari teknologi sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi Dapat dilihat bahwa untuk menuliskan suatu dokumen, orang cenderung sudah meninggalkan mesin ketik manual dan sudah digantikan perannya oleh komputer (dijaman sekarang menggunakan Lapto, Table dll). Kasir di suatu pertokoan besar (supermarket) sudah menggunakan peralatan otomatis berupa komputer yang didisain khusus untuk keperluan itu. Kumpulan lagu-lagu yang sebelumnya hanya dapat didengarkan melalui media kaset atau piringan hitam, saat ini sudah mulai dikemas dalam bentuk compact disk (CD) yang dapat didengarkan dengan menggunakan komputer multimedia (winamp pd computer). Tidak hanya itu, perkembangan teknologi komputer di bidang kesehatan juga maju sangat pesat untuk membantu diagnosa penyakit dan proses penyembuahnnya. Dan masih banyak lagi bidang-bidang kehidupan manusia yang saat ini sudah menggunakan peralatan komputer.
Untuk mencapai tujuan dari system computer sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah dan brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.  Berikut penjelasan tentang perkembangan dua elemen perangkat dari computer;
A.        SOFTWARE
Perangkat lunak komputer (Software) adalah satu dari beberapa teknologi yang berpengaruh penting pada hampir setiap aspek masyarakat pada tahun 1990-an. Software merupakan suatu program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dimana terdapat sistem untuk mengotomatisasi bisnis (sangat penting dibidang ini), industri, dan pemerintahan. Software tidak mengacu pada bentuk fisik yang memiliki spesifikasi seperti ukuran, berat, bahan dan lain-lain, oleh karenanya software merupakan teknologi tersembunyi karena tanpa kita sadari dalam setiap kegiatan kita sering menggunakan software misalnya dalam berbelanja di supermarket, menabung di bank, melakukan hubungan telpon dll.  
Software merupakan faktor kunci dalam keberhasilan suatu usaha terutama pada bidang bisnis, dimana software dapat membedakan satu perusahaan dari perusahaan saingannya. Ini jugalah yang menjadi solusi selama dekade 1980-an, dimana permasalahan tentang bagaimana mengurangi biaya dan memperbaiki kualitas solusi berbasis komputer terjawab (solusi yang diimplementasikan dengan mempergunakan software).
Software mengalami perkembangan yang pesat dan usang setelah periode tertentu, software memerlukan review secara berkala untuk mengetahui perubahan yang dinamis terhadap kebutuhan pasar. Sejak pertama kali software diperkenalkan sekitar tahun 60-an telah mengalami perkembangan yang cukup pesat, dan total berbeda disemua spesifikasi seperti struktur program, arsitektur dan Line Of Code (LoC). Kini lebih pendek, mudah dan tampilan grafis yang menarik sehingga lebih efisien dibandingkan dengan versi lamanya.
SEJARAH dan PERKEMBANGAN SOFTWARE
Software Engineering adalah suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal requirement capturing (analisa kebutuhan pengguna), specification (menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna), design, coding, testing sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan. Software mengalami perkembangan yang pesat dan usang setelah periode tertentu, software memerlukan review secara berkala untuk mengetahui perubahan yang dinamis terhadap kebutuhan pasar. Sejak pertama kali diperkenalkan, software telah mengalami perkembangan yang cukup pesat, dan total berbeda disemua spesifikasi seperti struktur program, arsitektur dan Line Of Code (LoC) kini lebih pendek, mudah dan tampilan grafis yang menarik sehingga lebih efisien dibandingkan dengan versi lamanya. Tren software enginering saat ini mengarah pada biaya yang murah, platform bersifat multiuser, dapat digunakan oleh umum, pengembangannya bersifat open source dan cara aksesnya adalah online. Perubahan-perubahan yang akan mempengaruhi software selama dekade selanjutnya akan dipengaruhi oleh beberapa hal yang simultan yaitu: :
1. Manusia yang melakukan pekerjaan tersebut
2. Proses yang mereka aplikasikan
3. Sifat Informasi
4. Teknologi komputer yang mendasar
Berdasarkan perkembangannya perangkat lunak sampai dengan sekarang dibagi menjadi beberapa era yaitu :
1.      Era Pemula (Pioneer) Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya.
2.      Era Stabil Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan.
·      Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi
·      Perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk.
·      Baris-baris perintah perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang di lakukan secara serempak (multi tasking).
·      Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time).
·      Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).
3.      Era Mikro. Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
4.      Era Modern. Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 processor-nya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC.
5.      Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.
KARAKTERISTIK SOFTWARE
Software bersifat kompleks yaitu didalam pembuatan suatu software harus didukung oleh banyak hal antara lain sistem kerja, hardware, dan lainnya. Software bersifat tidak sama meskipun pada kasus yang sama software yang telah dibuat belum tentu cocok di tempat lain. Misalnya pembuatan software supermarket, belum tentu satu supermarket dengan supermarket yang lain sistemnya sama. Software bersifat tidak dapat digunakan diluar dari tujuan yang telah ditetapkan. Software seperti pabrik yang menghasilkan nilai-nilai tertentu dan sangat membantu segala kegiatan manusia. Software dibangun dan dikembangkan, tidak dibuat dalam bentuk yang klasik. Sebagian besar perangkat lunak dibuat secara custom-built, serta tidak dapat dirakit dari komponen yang sudah ada. Software bersifat pervasif, dan banyak orang di dalam posisi tanggung jawab, kurang atau tidak memahami apa sebenarnya software itu, bagaimana dia dibangun, atau apa yang dimaksudkannya dengan bagian yang dikontrol. Karena sifat pervasif pada software tersebut maka software harus ditangani dengan hati-hati.
Agar lebih memahami tentang software maka perlu juga kita meneliti tentang karakteristik perangkat lunak yang membuat perangkat lunak berbeda dari hal-hal yang dibangun oleh manusia. Perangkat lunak memiliki ciri-ciri yang berbeda dari perangkat keras karena perangkat lunak lebih merupakan elemen logika. Adapun karakteristiknya antara lain:
1. Perangkat Lunak dibangun dan dikembangkan, tidak dibuat dalam bentuk yang klasik
2. Perangkat lunak tidak pernah usang
3. Sebagian besar perangkat lunak dibuat secara custom-built, serta tidak dapat dirakit dari komponen yang sudah ada.

B.       HARDWARE (Perangkat Keras)
Perangkat Keras (Hardware) adalah suatu perangkat computer yang berguna untuk membantu elemen-elemen yang ada didalam system tersebut agar dapat mengahsilkan suatu informasi atau dengan kata lain hardware merupakan peralatan dari computer itu sendiri yang dilengkapi dan didukung oleh software dan brainware.
STRUKTUR dan FUNGSI KOMPUTER
Struktur komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap komponen saling terkait. Struktur sebuah komputer secara sederhana, dapat digambarkan dalam diagram blok pada Gambar. Sedangkan fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur. Adapun fungsi dari masing-masing komponen dalam struktur di atas adalah sebagai berikut:
1.       Input Device (Alat Masukan)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer
2. Output Device (Alat Keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
3. I/O Ports
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
4. CPU (Central Processing Unit)
CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
5. Memori
Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.
6. Data Bus
Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
7. Address Bus
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca.Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
8. Control Bus
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 samapai 10 jalur paralel.

Sebuah PC / Komputer juga terdiri dari beberapa perangkat keras, yang diantaranya adalah input device, output device dan alam pemprosesan (CPU). Komponen kedua yang diperlukan adalah media transmisi. Media transmisi ini terdiri atas kabel yang digunakan hingga sistem relay yang dapat menyambungkan komunikasi. Penggunaan media transmisi ini sangat bergantug kepada jenis transmisi yang digunakan pada jalur komunikasi atau kanal komunikasi (communcation channel).
           Komponen ketiga yang digunakan adalah alat pemroses data yang digunakan untuk melakukan pengiriman dan penerimaan informasi. Alat ini di antaranya adalah modem, multiplexer, concentrator, dan front end processor. Modem, yang merupakan kependekan dari Modulator-Demodulator, adalah perangkat keras yang bertugas mengubah data digital menjadi data analog atau sebaliknya. Di samping itu, dikenal juga modem khusus yang dinamai accoustic coupler yang dapat mengubah data digital menjadi sinyal suara (audio) atau sebaliknya yang dikirimkan melalui jalur telepon. Modem jenis inilah yang umumnya digunakan dalam koneksi internet yang menggunakan dial up connection. Multiplexer dan concentrator merupakan alat yang melengkapi modem yang dapat menggabungkan sejumlah terminal (komputer) dalam melakukan koneksi sekaligus. Fungsi multiplexer dan cencentrator ini setara dengan server yang digunakan dalam sistem jaringan.
           Personal Computer. Soal PC, jangan pernah anggap enteng komputer rakitan. PC rakitan bahkan berani beri garansi lebih lama daripada yang branded dan karena rakitan, kompatibilitasnya dengan berbagai komponen besutan manufacturer lain sangat tinggi. Perkiraan kasar yang saya dapat dari berbagai media 70% dari pangsa pasar PC nasional adalah PC rakitan. Brand awarness memang tumbuh pesat, namun trend pertimbangan konsumen lebih bergeser ke arah affordability dan functionality, bahkan untuk kelas korporat sekalipun. Faktor pendukungnya adalah bahwa PC rakitan lebih murah, model tak kalah bagus, kalau rusak mudah diperbaiki, dan komponen-nya mudah didapat. Selain itu PC rakitan ‘dianggap’ tidak melawan HAKI atas merek atau model tipe tertentu dari pabrikan yang sudah mapan.
           Notebook: notebook sudah memiliki standard kelengkapan fasilitas Wi-Fi, Bluetooth & long-life batery (di atas 2 jam) dan untuk memudahkan mobilitas, berat tak bisa lebih dari 2.2 kg dengan layar favorit WXGA (Wide Extended Graphic Array/ layar lebar) ukuran 12 s/d 14.1 inci. Bagi kebanyakan orang layar ukuran 15 inci, apalagi yang bukan wide screen dipandang boros tempat dan tampaknya kurang diminati. Integrated web-cam sudah mulai di-tanamkan pada beberapa merek, dan tampaknya trend dua tahun ke depan akan mirip handphone keluaran terkini yang menanamkan kamera mega-pixel sebagai kelengkapan standard. Perkiraan saya, gabungan pangsa pasar Toshiba dan Acer kemungkinan besar masih akan menguasai pasar notebook branded tahun 2007 (antara 65%-70%), meskipun merek-merek baru keluaran lokal dan Cina sudah mulai unjuk gigi. Sekarang sudah ada juga laptop dengan ukuran yg kecil yaitu…..
           Storage Memory – SD-MMC (serta versi mininya) akan tetap menjadi pilihan publik sebagai auxiliary memory (memori eksternal) terfavorit karena kompatibilitasnya dengan berbagai gadgets, kamera digital dan pemutar lagu MP3. Sedangkan tipe thumb-drive atau yang lebih dikenal dengan Flash Disk akan tetap populer sebagai pelengkap PC, baik desktop maupun notebook di tahun-tahun mendatang karena terbukti tahan banting dan mulai dikembangkan untuk bisa menampung data lebih besar dari 2 GB. Awal tahun depan jangan heran bila Flash Disk kelas 512 MB sudah mulai sulit didapatkan, apalagi yang 256 MB. Jangan pula terkecoh dengan garansi ‘seumur hidup’ karena toh rata-rata produk SD-MMC dan Flash Disk itu akan obsolete (berhenti diproduksi) setelah kira-kira 3 tahun, dan dengan demikian garansi secara otomatis hilang setelah obsolete. DVD-RW untuk tahun depan masih akan kesulitan menggerogoti pasar CD-RW karena banyak yang merasa belum membutuhkan burn data hingga 4,7 GB ke dalam satu keping disk. Justru pasar masih menunggu diluncurkannya BlueRay yang berkapasitas antara 20 GB hingga 50 GB per-keping. Penantian ini tampaknya akan segera terwujud tahun depan, dan semester II tahun 2007 kemungkinan besar harga Blue Ray akan menjadi makin kompetitif.
           Konektifitas. Kabel akan makin tergusur dari ruang-ruang kantor dan rumah tangga. Transfer data nir-kabel baik itu melalui Wireless LAN maupun fasilitas hotspot akan menjadi trend paling panas tahun 2007. Penyedia hardware pendukung teknologi konektifitas mesti memperhatikan hal ini, karena reliabilitas transfer tanpa kabel sangat rentan terhadap hambatan fisik (misal tembok antar ruang atau antar lantai, interferensi dari gelombang radio liar yang kebetulan berfrekuensi sama atau mendekati sama, dan daya jangkau tansceiver-nya). Jadi hardware yang berkualitas, sedikit mahal tak masalah, akan menjadi incaran para eksekutif IT di perusahaan-perusahaan. External USB Bluetooth Device yang mengklaim berdaya jangkau 100 meter pun pada kenyataannya itu berarti 100 meter tanpa hambatan apapun (misalnya di lapangan atau aula besar). PCMCIA-CDMA atau akan mulai digemari untuk dipasangkan dengan notebook ketimbang HP CDMA dengan kabal data.
           RAM. RAM 1 GB dan expandable hingga 2 GB adalah harga mati. Mainboard yang mendukung hal itu pun kemungkinan besar akan muncul tahun depan.
           Processor. Untuk server, Intel Xeon atau AMD Opteron dengan minimum 2 GB Standard Memory dengan clock speed min 2.6 GHz akan menjadi pilihan perkantoran menengah ke atas yang memerlukan tak hanya reliabilitas processing bagi sistem ERP mereka, tetapi juga bagaimana data-data bisa diakses secara serentak tanpa ada gangguan kecepatan akses yang berarti. Prediksi saya, standard memori minimum 2 GB yang expandable sampai 12 GB masih akan bertahan karena faktor harga yang relatif stabil dan juga reliabilitas. Chipset 2.6 s/d 3.0 GHz yang tertanam dalam processor sekelas Intel Xeon (dual CPU) kemungkinan besar belum akan berevolusi. Sedangkan untuk PC desktop dan notebook, prosesor sekelas Dual Core dan Core2Duo akan menjadi standard notebook yang kemungkinan besar pada semester kedua 2007 sudah menjadi semacam ‘kebutuhan pokok’ yang karena diproduksi massal harganya tak jauh beda dengan yang single-core.
           Hardware lain dan Accessories. Tampaknya LCD monitor mulai menggeser monitor tabung (CRT) karena harganya semakin murah, bahkan ada yang di bawah 2-jutaan untuk layar 15 inci. Beberapa LCD monitor telah diintegrasikan dengan multimedia speaker dan web-cam berkualitas baik. Bersiap-siaplah untuk booming permintaan pada semester dua tahun depan, karena umumnya paruh kedua tiap tahun adalah siklus global dimana teknologi baru mulai diwacanakan dan purwarupanya (prototype) sudah di-launching.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar